5 Strategi Efektif Tentang Bagaimana Menyusun Jadwal Olahraga yang Tepat saat Berpuasa

- 15 Maret 2024, 19:30 WIB
5 Strategi Efektif Tentang Bagaimana Menyusun Jadwal Olahraga yang Tepat saat Berpuasa
5 Strategi Efektif Tentang Bagaimana Menyusun Jadwal Olahraga yang Tepat saat Berpuasa /Pixabay/

PORTALBANGKALAN.COM - Saat menjalankan ibadah puasa, menjaga kesehatan dan tetap aktif adalah hal yang penting. Olahraga dapat membantu menjaga kebugaran fisik dan meningkatkan kualitas hidup selama bulan puasa. Namun, memilih waktu dan jenis olahraga yang tepat saat berpuasa bisa menjadi tantangan tersendiri. Dalam artikel ini, kami akan memberikan lima strategi efektif untuk menyusun jadwal olahraga yang tepat saat berpuasa.

I. Menentukan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

1. Pilih Waktu Setelah Berbuka Puasa atau Sebelum Sahur

Menyusun jadwal olahraga yang tepat saat berpuasa melibatkan pemilihan waktu yang strategis. Salah satu pilihan yang baik adalah berolahraga setelah berbuka puasa atau sebelum sahur. Setelah berbuka, tubuh Anda akan memiliki energi dan cairan yang cukup untuk melakukan aktivitas fisik. Sebaliknya, jika Anda memilih untuk berolahraga sebelum sahur, pastikan untuk mengatur jadwal tidur Anda sehingga Anda mendapatkan cukup istirahat.

2. Hindari Waktu Terik di Siang Hari

Selama bulan puasa, suhu dan kelembaban bisa meningkat, terutama di siang hari. Oleh karena itu, penting untuk menghindari waktu terik saat berolahraga. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan lebih cepat. Lebih baik memilih waktu pagi atau sore hari ketika suhu lebih sejuk dan kondisi cuaca lebih mendukung.

Baca Juga: 7 Tips Ampuh Mengoptimalkan Performa Olahraga Selama Puasa

II. Jenis Olahraga yang Tepat untuk Berpuasa

1. Pilih Olahraga Ringan atau Moderat

Halaman:

Editor: Nugroho Setya Aji


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah