Sahur untuk Olahragawan, Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Performa Fisik

- 17 Maret 2024, 14:10 WIB
Sahur untuk Olahragawan, Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Performa Fisik
Sahur untuk Olahragawan, Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Performa Fisik /Better Me

PORTALBANGKALAN.COM - Sahur merupakan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat menjelang waktu imsak selama bulan puasa. Bagi para olahragawan, sahur sangat penting untuk memastikan mereka mendapatkan energi yang cukup dan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga performa fisik selama beraktivitas olahraga saat berpuasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas makanan dan minuman yang ideal untuk meningkatkan performa fisik selama bulan puasa.

Makanan Sahur yang Meningkatkan Performa Fisik

1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, oatmeal, dan nasi merah, adalah sumber energi yang penting untuk olahragawan. Makanan ini memberikan energi tahan lama karena mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Karbohidrat kompleks juga mengandung serat, yang membantu menjaga rasa kenyang dan mengatur penyerapan glukosa ke dalam darah.

2. Protein

Protein penting untuk memperbaiki dan membangun otot. Pilih sumber protein yang rendah lemak, seperti telur, ikan, ayam tanpa kulit, atau kacang-kacangan. Protein juga membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil selama berpuasa.

Baca Juga: Pilihan Makanan dan Minuman yang Menjaga Energi dan Semangat saat Sahur di Bulan Ramadhan

3. Buah-buahan dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Makan buah-buahan segar atau sayuran pada saat sahur dapat memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Halaman:

Editor: Nugroho Setya Aji


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah