Pilihan Makanan dan Minuman yang Menjaga Energi dan Semangat saat Sahur di Bulan Ramadhan

- 17 Maret 2024, 10:10 WIB
Pilihan Makanan dan Minuman yang Menjaga Energi dan Semangat saat Sahur di Bulan Ramadhan
Pilihan Makanan dan Minuman yang Menjaga Energi dan Semangat saat Sahur di Bulan Ramadhan /

PORTALBANGKALAN.COM - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Dalam menjalani ibadah puasa yang panjang, penting bagi kita untuk memilih makanan dan minuman yang tepat saat sahur agar tetap menjaga energi dan semangat sepanjang hari. Artikel ini akan membahas pilihan makanan dan minuman yang dapat membantu menjaga energi dan semangat selama bulan Ramadhan.

I. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah sumber energi yang ideal untuk sahur. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan memberikan energi yang tahan lama dan membantu menjaga kadar gula darah stabil. Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks:

1. Roti gandum
Roti gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk sahur. Roti gandum mengandung serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga keseimbangan energi tubuh.

2. Oatmeal
Oatmeal adalah makanan yang kaya serat dan rendah gula. Oatmeal dapat memberikan energi yang tahan lama dan membantu menjaga rasa kenyang sepanjang hari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tantangan dan Menjaga Konsistensi dalam Menghafal Al-Quran di Bulan Ramadan

3. Nasi merah
Nasi merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat, vitamin, dan mineral. Nasi merah juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah.

II. Makanan yang Mengandung Protein

Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung protein saat sahur dapat membantu menjaga rasa kenyang dan memberikan energi yang stabil. Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang mengandung protein:

Halaman:

Editor: Nugroho Setya Aji


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah