8 Latihan yang Disarankan untuk Mempertahankan Kekuatan Tubuh Saat Berpuasa

- 15 Maret 2024, 19:20 WIB
8 Latihan yang Disarankan untuk Mempertahankan Kekuatan Tubuh Saat Berpuasa
8 Latihan yang Disarankan untuk Mempertahankan Kekuatan Tubuh Saat Berpuasa /Pexels/Pixabay

 

PORTALBANGKALAN.COM - Dalam bulan puasa, banyak umat Muslim yang melaksanakan ibadah puasa dengan menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga matahari terbenam. Selama periode ini, penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tetap bugar dan kuat. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah dengan melibatkan diri dalam olahraga yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas 8 latihan yang disarankan untuk mempertahankan kekuatan tubuh selama berpuasa.

Latihan Kardiovaskular

  1. Lari Ringan

Lari ringan adalah salah satu latihan kardiovaskular yang ideal selama bulan puasa. Anda dapat melakukannya di pagi atau sore hari, menjelang waktu berbuka. Lari ringan membantu meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki stamina, dan membakar kalori. Mulailah dengan jarak dan kecepatan yang sesuai dengan kemampuan Anda, dan tingkatkan secara bertahap seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Tetap Olahraga Saat Puasa, 10 Tips Efektif untuk Menjaga Kondisi Fisik Di Bulan Ramadahan

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang rendah dampak, sehingga cocok untuk dilakukan saat berpuasa. Anda dapat menjadikannya sebagai alternatif lari jika Anda memiliki masalah pada sendi atau ingin variasi dalam rutinitas olahraga Anda. Pilih rute yang aman dan menantang, dan pastikan Anda menggunakan alat pelindung yang sesuai seperti helm dan siku pengaman.

Latihan Kekuatan

  1. Latihan Tubuh Bagian Atas

Latihan kekuatan untuk tubuh bagian atas penting untuk mempertahankan kekuatan otot selama bulan puasa. Beberapa latihan yang dapat dilakukan termasuk push-up, pull-up, dan shoulder press. Anda dapat menggunakan berat badan Anda sendiri atau menggunakan beban tambahan seperti dumbbell atau barbel jika Anda sudah terbiasa dengan latihan ini.

  1. Latihan Tubuh Bagian Bawah

Selain melatih tubuh bagian atas, penting juga untuk melibatkan tubuh bagian bawah. Squat, lunges, dan deadlift adalah beberapa contoh latihan yang dapat meningkatkan kekuatan otot kaki dan bokong. Pastikan untuk menjaga postur yang baik dan konsultasikan dengan pelatih atau ahli kebugaran jika Anda baru memulai latihan kekuatan.

Halaman:

Editor: Nugroho Setya Aji


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah