Sahur yang Sehat bagi Penderita Diabetes, Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

- 17 Maret 2024, 14:30 WIB
Sahur yang Sehat bagi Penderita Diabetes, Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah
Sahur yang Sehat bagi Penderita Diabetes, Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah /Antara/

PORTALBANGKALAN.COM - Sahur merupakan makanan yang dikonsumsi sebelum fajar dalam bulan Ramadan. Bagi penderita diabetes, sahur yang sehat dan efektif sangat penting untuk menjaga kadar gula darah stabil sepanjang hari. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah memilih makanan dengan indeks glikemik rendah. Artikel ini akan membahas mengenai sahur yang efektif bagi penderita diabetes dengan fokus pada makanan-makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Pengertian Indeks Glikemik

A. Definisi Indeks Glikemik
Indeks glikemik (IG) adalah ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Skala indeks glikemik diukur dari 0 hingga 100, di mana makanan dengan IG rendah (kurang dari 55) dianggap lebih baik bagi penderita diabetes.

B. Pentingnya Indeks Glikemik dalam Sahur
Memilih makanan dengan IG rendah untuk sahur dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Makanan dengan IG rendah akan dicerna lebih lambat oleh tubuh, sehingga menghasilkan peningkatan glukosa darah yang lebih lambat dan lebih terkendali.

Baca Juga: Sahur untuk Olahragawan, Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Performa Fisik

Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah untuk Sahur

A. Serat Tinggi dan Karbohidrat Kompleks
Makanan yang kaya serat tinggi dan mengandung karbohidrat kompleks dikenal memiliki IG rendah. Beberapa contoh makanan yang dapat dikonsumsi saat sahur adalah:

  1. Gandum utuh (whole wheat)
  2. Oatmeal
  3. Quinoa
  4. Nasi merah
  5. Roti gandum

B. Sayuran Hijau dan Non-Starch
Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kubis memiliki IG yang rendah. Selain itu, sayuran non-starch seperti mentimun, tomat, dan paprika juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk sahur.

C. Protein Rendah Lemak
Protein rendah lemak, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak, dapat membantu menjaga kenyang lebih lama dan memperlambat penyerapan glukosa. Konsumsi protein yang seimbang juga penting untuk menjaga kestabilan gula darah.

Halaman:

Editor: Nugroho Setya Aji


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah