Manfaat Buah Apel Fuji: Mengapa Anda Harus Menambahkannya ke dalam Pola Makan Anda

- 27 Februari 2024, 13:13 WIB
Apel Fuji, salah satu jenis buah apel di Indonesia/Instagram/allfresh.official
Apel Fuji, salah satu jenis buah apel di Indonesia/Instagram/allfresh.official /

PORTALBANGKALAN.com - Buah kepayang merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia, terutama di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Buah ini memiliki rasa yang unik, yaitu asam dan pahit, serta aroma yang khas. Selain digunakan sebagai bahan masakan, buah kepayang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai manfaat buah kepayang yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Asal Usul Buah Kepayang

Buah kepayang berasal dari pohon dengan nama yang sama, yaitu pohon kepayang (Pangium edule), yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Pohon kepayang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 40 meter, dan memiliki buah yang berukuran besar dan berbentuk oval, dengan kulit yang tebal dan berduri. Di dalam buah kepayang terdapat biji yang dapat dimakan setelah diolah dengan cara yang tepat.

Baca Juga: 5 Tips Agar Anak Mau Makan, Cegah GTM pada Buah Hati Kesayangan

Kandungan Nutrisi Buah Kepayang

Buah kepayang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Selain itu, buah kepayang juga mengandung senyawa aktif seperti saponin, alkaloid, dan flavonoid, yang memiliki efek positif pada kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Kepayang untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kepayang mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Flavonoid dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, buah kepayang juga mengandung serat yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Mohamad Jamaludin


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah