6 Menu Buka Puasa Vegetarian yang Kaya Protein dan Nutrisi

- 17 Maret 2024, 08:41 WIB
6 Menu Buka Puasa Vegetarian yang Kaya Protein dan Nutrisi
6 Menu Buka Puasa Vegetarian yang Kaya Protein dan Nutrisi /Freepik/jcomp/

PORTALBANGKALAN.COM - Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Buka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap harinya, di mana makanan yang dikonsumsi harus memberikan nutrisi yang cukup agar tubuh tetap sehat dan bertenaga. Bagi mereka yang menjalankan pola makan vegetarian, mencari menu buka puasa yang kaya protein dan nutrisi bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan 6 menu buka puasa vegetarian yang kaya protein dan nutrisi.

Menu-menu Buka Puasa Vegetarian yang Kaya Protein dan Nutrisi

1. Salad Protein dengan Tofu Panggang

Salad protein dengan tofu panggang adalah menu buka puasa yang mengandung banyak protein dan nutrisi. Tofu merupakan sumber protein nabati yang kaya akan asam amino penting. Tambahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, rucola, dan selada hijau, serta tambahkan potongan tomat, mentimun, dan alpukat untuk memberikan rasa segar. Sajikan dengan dressing rendah lemak atau kecap untuk menambahkan cita rasa.

Baca Juga: Menu Buka Puasa Anak-Anak, 5 Ide Makanan yang Disukai dan Bergizi

2. Nasi Merah dengan Kacang-Kacangan

Nasi merah merupakan sumber karbohidrat yang baik dan kacang-kacangan kaya protein nabati. Kombinasi keduanya akan memberikan nutrisi yang seimbang. Tambahkan kacang hitam, kacang hijau, atau lentil ke dalam nasi merah yang telah dimasak. Untuk memberikan variasi rasa, tambahkan pula sayuran seperti wortel, buncis, dan jagung manis. Sajikan dengan sambal atau acar untuk menambah cita rasa.

3. Tumis Sayuran dengan Tempe

Tumis sayuran dengan tempe adalah menu buka puasa yang mudah dan cepat dibuat. Potong tempe menjadi dadu dan tumis bersama sayuran seperti brokoli, wortel, paprika, dan kembang kol. Tambahkan sedikit saus asam manis atau kecap untuk memberikan rasa. Tempe mengandung protein tinggi dan serat yang baik untuk pencernaan.

Halaman:

Editor: Nugroho Setya Aji


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah