Manfaat Minum Teh Hangat Saat Sahur untuk Menjaga Kehidupan Sehat

- 18 Maret 2024, 11:50 WIB
Manfaat Minum Teh Hangat Saat Sahur untuk Menjaga Kehidupan Sehat
Manfaat Minum Teh Hangat Saat Sahur untuk Menjaga Kehidupan Sehat /KarawangPost/Foto/pixabay-Myriams-Fotos

PORTALBANGKALAN.COM - Saat menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan, sahur menjadi salah satu waktu penting untuk mengisi energi sebelum berpuasa sepanjang hari. Memilih makanan dan minuman yang tepat saat sahur dapat memberikan manfaat besar bagi tubuh. Salah satu minuman yang sering dikonsumsi saat sahur adalah teh hangat. Selain memberikan sensasi menyegarkan, minum teh hangat saat sahur juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang penting. Artikel ini akan menjelaskan manfaat minum teh hangat saat sahur dan mengapa itu dapat membantu menjaga kehidupan sehat.

I. Manfaat Minum Teh Hangat saat Sahur

A. Menjaga Hidrasi Tubuh

Saat berpuasa, tubuh kita kehilangan cairan melalui proses pernapasan, keringat, dan buang air kecil. Minum teh hangat saat sahur dapat membantu menjaga hidrasi tubuh karena teh mengandung air dan dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh kita. Selain itu, minum teh hangat juga dapat membantu menghindari dehidrasi selama berpuasa.

B. Menyediakan Antioksidan

Teh mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Dengan minum teh hangat saat sahur, Anda dapat memperoleh asupan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi Hitam saat Sahur bagi Penderita Diabetes

C. Meningkatkan Konsentrasi dan Kewaspadaan

Teh mengandung kafein, yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Minum teh hangat saat sahur dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas sehari-hari, terutama selama berpuasa. Kafein dalam teh juga dapat membantu menjaga kewaspadaan selama ibadah puasa.

Halaman:

Editor: Nugroho Setya Aji


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah