Ini Manfaat Minum Kopi Saat Sahur, Salah Satunya Bisa Mengoptimalkan Konsentrasi dan Fokus

- 18 Maret 2024, 08:30 WIB
Ini Manfaat Minum Kopi Saat Sahur, Salah Satunya Bisa Mengoptimalkan Konsentrasi dan Fokus
Ini Manfaat Minum Kopi Saat Sahur, Salah Satunya Bisa Mengoptimalkan Konsentrasi dan Fokus /freepik/

PORTALBANGKALAN.COM - Saat bulan Ramadan tiba, umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Selama periode puasa, sahur menjadi waktu yang penting untuk mengisi energi sebelum memulai puasa sepanjang hari. Salah satu minuman yang populer dikonsumsi selama sahur adalah kopi. Selain memberikan rasa segar dan meningkatkan semangat, minum kopi saat sahur juga memiliki manfaat tambahan yang mempengaruhi konsentrasi dan fokus sepanjang hari. Artikel ini akan membahas manfaat minum kopi saat sahur dan bagaimana minuman ini dapat membantu mengoptimalkan konsentrasi dan fokus selama berpuasa.

Manfaat Kafein dalam Kopi

1. Meningkatkan Konsentrasi

Kafein adalah senyawa alami yang ditemukan dalam biji kopi. Salah satu manfaat utama kafein adalah kemampuannya untuk meningkatkan konsentrasi dan menjaga daya pikir yang optimal. Ketika kafein dikonsumsi, ia akan merangsang sistem saraf pusat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan seseorang. Dalam konteks sahur, minum kopi yang mengandung kafein dapat membantu seseorang tetap terjaga dan waspada sepanjang hari saat berpuasa.

Baca Juga: Manfaat Berpuasa dalam Meningkatkan Kualitas Tidur dan Memperbaiki Pola Tidur

2. Memperbaiki Mood dan Semangat

Selain meningkatkan konsentrasi, kafein juga dapat mempengaruhi mood dan semangat seseorang. Dalam beberapa penelitian, kafein telah terbukti dapat meningkatkan produksi neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin, yang berperan dalam meningkatkan perasaan bahagia dan semangat. Dengan demikian, minum kopi saat sahur dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan untuk menjalani puasa dengan semangat yang tinggi.

Pemilihan Jenis Kopi yang Tepat

1. Pilih Kopi dengan Kadar Kafein yang Sesuai

Halaman:

Editor: Nugroho Setya Aji


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah