Begini Bank BRI dan Danamon Beri Reaksi Bijak Menghadapi Persaingan dengan Fintech Pinjol

- 1 Februari 2024, 06:15 WIB
Begini Bank BRI dan Danamon Beri Reaksi Bijak Menghadapi Persaingan dengan Fintech Pinjol
Begini Bank BRI dan Danamon Beri Reaksi Bijak Menghadapi Persaingan dengan Fintech Pinjol /

Portalbangkalan.com - Persaingan antara perbankan dan perusahaan fintech, terutama dalam sektor pinjaman online (pinjol), menjadi salah satu sorotan di tengah perkembangan pesat layanan keuangan digital.

Menariknya, dua raksasa perbankan di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN), menunjukkan reaksi yang bijak dan bersifat kolaboratif dalam menghadapi dinamika ini.

Head of Transaction Banking Digital & Customer Experience BDMN, Indradi Padmawidjaja, menyatakan bahwa meskipun perbankan dan fintech saling bersaing untuk meraih pangsa pasar yang sama, keduanya juga dapat menjalin kolaborasi.

Indradi menekankan bahwa hubungan antara perbankan dan fintech dapat bersifat evolusioner, di mana kompetisi dan kolaborasi bisa berjalan seiring.

Dia menilai bahwa keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, namun kolaborasi dapat menciptakan solusi inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

 Baca Juga: Wall Street Bersorak, Inflasi AS Semakin Mendingin, dan Data Ekonomi Membuka Pintu Cuan!

Indradi menggambarkan bahwa kebutuhan masyarakat yang semakin variatif mendorong perbankan dan fintech untuk berkolaborasi guna menyediakan solusi terbaik.

Dia memberikan contoh terobosan dalam layanan perbankan yang dihasilkan melalui kolaborasi dengan fintech, seperti percepatan proses setoran tunai yang menjadi real-time business.

Kerja sama dengan fintech membuka peluang bagi perbankan untuk mempercepat inovasi dan memberikan layanan yang lebih efisien.

Halaman:

Editor: Mohamad Jamaludin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x