Peran Penting Nutrisi dalam Menjaga Fungsi Ginjal yang Optimal

- 19 Maret 2024, 15:10 WIB
Peran Penting Nutrisi dalam Menjaga Fungsi Ginjal yang Optimal
Peran Penting Nutrisi dalam Menjaga Fungsi Ginjal yang Optimal /UMSU/

PORTALBANGKALAN.COM - Ginjal adalah organ vital dalam tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan, membuang limbah, dan mengatur keseimbangan elektrolit. Fungsi ginjal yang optimal sangatlah penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Salah satu faktor yang berperan dalam menjaga fungsi ginjal yang baik adalah nutrisi yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas peran penting nutrisi dalam menjaga fungsi ginjal yang optimal.

I. Nutrisi yang Mendukung Fungsi Ginjal

A. Air dan Hidrasi yang Cukup

Kehidratan yang memadai sangat penting untuk kesehatan ginjal. Air membantu menghilangkan limbah dan racun dari tubuh melalui urin. Minum cukup air setiap hari dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Baca Juga: Tips Mudah untuk Mengurangi Risiko Batu Ginjal yang Harus Kamu Ketahui

B. Protein yang Seimbang

Asupan protein yang seimbang juga penting untuk menjaga fungsi ginjal yang optimal. Protein adalah bahan pembangun tubuh, tetapi konsumsi protein yang berlebihan dapat meningkatkan beban kerja ginjal. Oleh karena itu, penting untuk memilih sumber protein yang sehat, seperti ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

II. Nutrisi yang Perlu Dibatasi

A. Natrium

Halaman:

Editor: Nugroho Setya Aji


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x