Wah-Wah! Ini Loh 3 Kecamatan yang Menjadi Penghasil Kopi Ter-OKE di Banyuwangi

- 30 Maret 2023, 10:10 WIB
Wah-Wah! Ini Loh 3 Kecamatan yang Menjadi Penghasil Kopi Ter-OKE di Banyuwangi
Wah-Wah! Ini Loh 3 Kecamatan yang Menjadi Penghasil Kopi Ter-OKE di Banyuwangi /

PORTALBANGKALAN.COM - Ada kabar seru nih dari Banyuwangi! Banyuwangi udah jadi salah satu daerah Penghasil kopi terbaik di Indonesia, loh! Kopi dari Banyuwangi memang udah terkenal sejak lama, terutama kopi jenis robusta yang jadi andalan di daerah ini.

Para petani kopi di Banyuwangi udah lama mengembangkan teknik bertani yang lebih baik dan efisien, serta memilih bibit kopi terbaik agar bisa menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi. Ada 3 kecamatan di Banyuwangi yang terkenal dengan kopi-kopinya yang berkualitas tinggi, loh! Mana saja ya kira-kira, Yuk kita telusuri bareng.

1. Kecamatan Kalipuro

Wah, ada kabar baru nih dari Kecamatan Kalipuro! Katanya, daerah tersebut terkenal dengan Kampung Kopi Gombengsari yang terkenal dengan pola tanam kopi organiknya yang udah dikenal baik oleh banyak orang.

Ya ampun, petani kopi di sana benar-benar tahu betul gimana caranya mengolah kopi secara ramah lingkungan. Mereka mengedepankan hubungan yang harmonis antara unsur-unsur di alam supaya kopi yang dihasilkan bisa berkualitas tinggi.

Kopi yang ditanam di Kampung Kopi Gombengsari mayoritas jenis robusta. Ngomong-ngomong, di sana juga ada wisata petik kopi lho, jadi kamu bisa langsung merasakan sensasi memetik biji kopi langsung dari kebunnya.

Selain itu, kamu juga bisa belajar mengolah kopi secara traditional, dari sangrai, menumbuk, sampai menyeduh kopi. Asyik banget kan! Jadi, kalau kamu suka kopi atau penasaran gimana rasanya kopi organik, langsung aja mampir ke Kampung Kopi Gombengsari di Kecamatan Kalipuro ya!

Baca Juga: Peh-Pehh!! Ini 5 Universitas Terbaik di Sidoarjo, Ternyata Gak Kalah Sama Kampus di Kota Besar Lain Loh

2. Kecamatan Songgon

Di sana ada Dusun Candi yang terkenal banget sama hasil kopi yang dihasilkan. Para petani kopi di sana memang keren banget, mereka tetap bisa mempertahankan kualitas kopi meski sekarang udah zaman modernisasi industri kopi.

Kopi yang jadi unggulan dari Kecamatan Songgon itu jenis robusta dan liberika, dua-duanya sama-sama enak dan bikin nagih abis. Gimana bisa gitu? Nah, para petani di sana tuh pake pupuk organik biar hasil biji kopinya lebih terbaik lagi. Selain biar hasil panennya makin melimpah, pupuk organik juga bisa ngejaga kandungan nutrisi dalam tanah biar tetap terawat.

3. Kecamatan Kalibaru

Di Desa Kalibaru Kulon, ada kebun kopi yang dikelola oleh PTPN XII yang punya hasil kopi paling mantap di wilayah pegunungan selatan Banyuwangi. Nah, yang jadi andalannya adalah kopi jenis robusta yang emang udah terkenal kelezatannya di dunia kopi.

Ngomong-ngomong, kopi yang dihasilkan dari kebun kopi ini juga dikenal dengan nama kopi Malngsari. Bahkan, kopi Malngsari pernah diekspor ke luar negeri sebanyak ribuan ton lho. Wah, keren banget kan?

Buktinya, kopi dari Kalibaru ini memang punya kualitas yang bener-bener juara. Jadi, kalo kamu mau nyari kopi yang enak banget dan juga punya kualitas tinggi, jangan lupa cek kebun kopi di Kecamatan Kalibaru ya.

Jadi, itulah sedikit cerita tentang kopi-kopi berkualitas tinggi dari Banyuwangi. Dari Kecamatan Kalipuro, Kecamatan Songgon, sampai Kecamatan Kalibaru, semua daerah ini punya keunikan dan ciri khas masing-masing dalam menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi.***

Editor: Mohamad Jamaludin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah