Amazing Ramadhan, DQ Trendingkan Kepedulian dengan Berbagai Program Unik, Menarik dan Bermanfaat bagi Umat

- 9 April 2024, 23:22 WIB
Amazing Ramadhan, DQ Trendingkan Kepedulian dengan Berbagai Program Unik, Menarik dan Bermanfaat bagi Umat
Amazing Ramadhan, DQ Trendingkan Kepedulian dengan Berbagai Program Unik, Menarik dan Bermanfaat bagi Umat /

PORTALBANGKALAN.COM - Bulan Ramadhan adalah bulan berjuta kebaikan dan kemuliaan. Salah satu kewajiban yang harus dilakukan kaum Muslimin adalah membayar Zakat serta disunnahkan memperbanyak sedekah pada Bulan Ramadhan. Maka sebagai Lembaga Amil Zakat, Dompet Al-Qur’an Indonesia pun berupaya meningkatkan pelayanan selama bulan Ramadhan agar umat Islam terbantu menjalankan ibadah Zakat dan Sedekah tersebut.

Salah satu bentuk pelayanan DQ kepada para Muzakki dan Muhsinin yang ingin menunaikan Zakat infaq dan sedekah adalah meningkatkan Jam Layanan sampai pukul 21.00 dan juga membuka beberapa gerai layanan di ruang publik seperti Mall dan lainnya. Sementara itu layanan kepada Mustahik atau orang yang berhak menerima Zakat adalah dengan memperbanyak program selama bulan suci Ramadhan.

Hari-hari awal Ramadhan, Dompet Al-Quran Indonesia sudah langsung mulai berbagi Ta’jil untuk korban Banjir Bojonegoro. Saat itu ada 26 desa di sepuluh kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang menghadapi banjir akibat luapan Sungai Bengawan Solo.

Beberapa hari berselang pada Ahad 17 Maret 2024, DQ bekerjasama dengan LKP Ilmiah mengadakan pelatihan membuat Bucket dengan tema, “Menumbuhkan Jiwa Mandiri untuk Kehidupan yang Lebih Baik.” Para peserta pelatihan ini adalah para dhuafa yang diharapkan memiliki keterampilan yang bisa ‘dijual’ sehingga terberdayakan ekonominya setelah mengikuti pelatihan ketrampilan ini.

Pekan berikutnya pada Ahad 24 Maret, DQ menyelenggarakan kegiatan lomba Tahfidz Amazing Ramadhan yang diikuti 55 peserta anak-anak dari usia 4 hingga 12 tahun. Kegiatan yang dilaksanakan di Ciplaz Ramayana Sidoarjo ini sebagai syiar membumikan Al-Qur’an khususnya di bulan Suci Ramadhan yang merupakan Syahrul Qur’an (bulan Al-Qur’an).

Selain kegiatan tersebut, secara rutin DQ juga mengadakan kegiatan buka puasa dan berbagi bingkisan untuk anak yatim dhuafa. Hampir semua cabang DQ menyelenggarakan kegian ini. Sementara itu untuk Mualaf yang merupakan salah satu mustahik dari 8 asnaf penerima Zakat, DQ ajak para mualaf berbuka bersama dan memberikan bingkisan hari raya di beberapa tempat, salah satunya para mualaf di Desa Ngembat, Gondang, Mojokerto. DQ juga mengadakan Kelas Pembinaan Mualaf di Bulan Ramadhan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu. Kegiatan yang diadakan di Rumah MCI (Mualaf Center Indonesia) Jatim ini mengangkat 4 tema utama yang dipelajari oleh para Mualaf yaitu Al-Qur’an, Aqidah, Fiqih dan Siroh.

Kegiatan lain yang dilaksanakan DQ selama bulan Ramadhan ini adalah mengadakan Safari Dakwah bersama Syaikh Palestina. Total selama bulan Ramadhan ini ada 50 lebih titik yang dikunjungi, baik itu Masjid, Sekolah, Pesantren, Komunitas dan lainnya. Tak hanya di Wilayah Jawa Timur, tapi juga sampai di Pati dan Kudus Jawa Tengah, Jabodetabek, bahkan sampai Tapanuli Selatan dan Medan Sumatera Utara.

Hasil dari Safari Dakwah sekaligus menggalang dana Palestina, sejak H+2 Ramadhan DQ Salurkan Ifthor dan Sahur untuk saudara kita di Palestina yang mana 2,2 Juta penduduk atau nyaris seluruh penduduk di jalur Gaza kekurangan makanan. Setiap hari, DQ menargetkan 1000 paket ifthar dan sahur untuk Palestina. Selain itu juga DQ memberikan Paket Selimut dan Kasur untuk menghangatkan Warga Gaza menghadapi musim dingin.

Tepat tanggal 27 Ramadhan DQ memperingati Hari Zakat Nasional dengan berbagi kebahagiaan bersama ratusan anak yatim di halaman Kantor DQ Pusat. Menyempurnakan kegiatan Amazing Ramadhan di hari-hari akhir Ramadhan dengan berbagi zakat fitrah ke fakir miskin.

Halaman:

Editor: Mohamad Jamaludin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah