Selalu Ada Solusi! Penyebab Kur Bri 2023 Tidak Bisa Cair, Untuk Nasabah Baru Dan Lama

- 23 Oktober 2023, 11:04 WIB
Selalu Ada Solusi! Penyebab Kur Bri 2023 Tidak Bisa Cair, Untuk Nasabah Baru Dan Lama
Selalu Ada Solusi! Penyebab Kur Bri 2023 Tidak Bisa Cair, Untuk Nasabah Baru Dan Lama /

PORTALBANGKALAN.COM - Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada tahun 2023 menghadapi beberapa kendala yang menyebabkan pencairannya tidak dapat dilakukan. 

1. Dokumen Pengajuan Tidak Lengkap atau Tidak Sesuai

Salah satu penyebab utama pencairan KUR BRI tahun 2023 tidak cair untuk nasabah baru adalah dokumen pengajuan yang tidak lengkap atau tidak sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Jika terdapat ketidaksesuaian antara dokumen yang diajukan dengan kondisi sebenarnya, seperti alamat KTP yang tidak sesuai dengan alamat domisili atau status perkawinan yang tidak sesuai, maka pengajuan KUR akan terhambat bahkan ditolak.

Baca Juga: Berikut Cara Aktifkan dan Daftar DANA Paylater, Ini Langkah-Langkah dan Syaratnya

Selain itu, syarat pengajuan KUR BRI yang paling utama adalah memiliki usaha UMKM yang produktif dan layak yang telah berjalan minimal 6 bulan. Meskipun pada kurs super mikro usaha yang berjalan di bawah 6 bulan dapat dimungkinkan, asalkan nasabah telah menerima pelatihan dan pendidikan usaha atau memiliki saudara yang telah memiliki usaha yang berjalan lebih dari 6 bulan. Namun, penentuan apakah calon debitur layak atau tidak untuk diberikan KUR tetap menjadi keputusan analisis Mantri.

2. Terdapat Pinjaman di Bank atau Lembaga Lain

Salah satu syarat pengajuan KUR BRI adalah belum pernah menerima kredit investasi atau modal kerja komersial baik di BRI maupun bank lain. Jika nasabah pernah menerima kredit komersial atau umum sebelumnya, calon nasabah tidak berhak menerima KUR. Hal yang perlu ditekankan adalah bahwa nasabah tidak sedang menikmati kredit subsidi pemerintah lain selain KUR BRI, seperti pinjaman PNM, Mekar, atau KUR Pegadaian. Sedangkan jika sedang menerima kredit konsumsi seperti KPR, KKB, leasing, kartu kredit, kredit pensiunan, resi gudang, pinjol, dan pay letter, pengajuan KUR hanya dapat dilakukan jika riwayat angsurannya lancar. Selain itu, masih terdapat sisa RPC (Repayment Capacity) atau kemampuan bayar setelah dikurangi setoran kredit konsumtif tersebut. Hal-hal tersebut akan terbaca oleh SIKP OJK, dan pengajuan tidak dapat dilanjutkan dalam sistem aplikasi prakarsa kredit BRI (BRIISPOT).

Penyebab Pencairan KUR BRI 2023 Tidak Cair untuk Nasabah Lama atau Existing

Selain untuk nasabah baru, pencairan KUR BRI tahun 2023 juga menghadapi kendala untuk nasabah lama atau existing. Dalam sub bab ini, akan dijelaskan dua penyebab utama yang menyebabkan pencairan KUR tersebut tidak cair.

Halaman:

Editor: Nugroho Setya Aji


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah